(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri
Sungai Jauh
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IX (Sembilan)
/ Ganjil
Materi Pokok : Mengasah Pribadi yang Unggul
dengan Jujur Santun dan Malu
Alokasi Waktu :
3 Pertemuan (9 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1
KI 2
|
:
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudutpandang/teori.
|
A. Kompetensi Dasar
2.3
|
Menghargai perilaku yang mencerminkan tata krama, sopan santun
dan rasa malu sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ali Imron/3:77, Q.S. al-Ahzab/33:70dan hadis
terkait.
|
3.3
|
Memahami
Q.S. Ali Imron/3:77, Q.S. al-Ahzab /33:70serta hadis terkait
tentang
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.5
|
Memahami
Q.S. al-Baqarah/2:83dan hadis terkait tentang tata krama, sopan-santun, dan
rasa malu.
|
4.3
|
Menyajikan contoh perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran/3:77, Q.S. al-Ahzabb/33:70
dan
hadis terkait.
|
4.5
|
Menyajikan
contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu
sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah/2:83dan hadis
terkait.
|
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1
Menjelaskan
pengertian jujur dengan
benar.
3.3.2Menyebutkan dalil naqli tentang jujur dengan benar.
3.5.1Menjelaskan pengertian santun dengan benar.
3.5.2Menyebutkan dalil naqli tentang santun dengan benar.
3.5.3 Menjelaskan pengertian malu dengan benar.
3.5.4Menyebutkan dalil naqli tentang malu dengan benar.
C. Materi Pembelajaran
Mengasah Pribadi yang Unggul
dengan Jujur, Santun, dan Malu
1. Pengertian Jujur
Seseorang disebut jujur
apabila berkata apa adanya dan sesuai kenyataan. Kejujuran sangat diperlukan
dalam menjalani semua aktivitas kehidupan, karena kejujuran itulah kehidupan
kita akan bahagia dan tenteram.
Berikut ini manfaat bersikap
jujur.
a) Jujur akan melahirkan
ketenangan. Orang jujur akan tenang dan percaya diri karena tidak ada ketakutan
sedikit pun. Sebaliknya, seorang pembohong akan gelisah dan takut kebohongannya
terbongkar.
b) Orang jujur akan dicintai
oleh manusia. Sudah menjadi tabiat dasar bahwa setiap manusia menyukai
kejujuran. Tanpa memandang suku, agama, dan ras, orang yang jujur pasti disukai
semua manusia.
c) Jujur akan mendatangkan
keberkahan dari Allah Swt. Setiap rejeki yang didapatkan dengan jujur, akan
mendapat berkah dari Allah Swt.
2. Dalil Naqli Jujur
Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah
perkataan yang benar”. (Q.S. al-Ahzab/33:70)
3.
Pengertian santun
Santun adalah berkata
lemah lembut serta bertingkah laku halus dan baik. Kesantunan seseorang akan
terlihat dari ucapan dan tingkah lakunya.
Artinya:
“Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi saw. bersabda kepada Al Asyaj Al ‘Ashri:
Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sikap yang dicintai oleh Allah; yaitu
sifat santun dan malu.” (H.R. Ibnu Majah)
4.
Dalil naqli santun
Allah Swt. memerintahkan agar
bertutur kata yang baik kepada sesama manusia, sebagaimana firman Allah Swt. Q.S.
al-Baqarah/2:83.
5.
Pengertian malu
Malu adalah menahan diri dari perbuatan
jelek, kotor, tercela, dan hina. Sifat malu itu terkadang merupakan sifat
bawaan dan juga bisa merupakan hasil latihan.
Ada beberapa manfaat
dari sifat malu, di antaranya:
a) Mencegah dari
perbuatan tercela. Seorang yang memiliki sifat malu akan berusaha sekuat tenaga
menghindari perbuatan tercela, sebab ia takut kepada Allah Swt.
b) Mendorong berbuat
kebaikan. Rasa malu kepada Allah Swt. akan mendorong seseorang berbuat
kebaikan. Sebab ia tahu bahwa setiap perbuatan manusia akan dibalas oleh Allah
Swt. di akhirat kelak.
c)
Mengantarkan seseorang menuju jalan yang diridai Allah Swt. Orang-orang yang
memiliki rasa malu akan senantiasa melaksanakan perintah Allah Swt. dan
menjauhi larangan-Nya.
6.
Dalil naqli malu
Artinya: Dari Abu Hurairah
dari Nabi saw., beliau bersabda: “Iman adalah pokoknya, cabangnya ada tujuh
puluh lebih, dan malu termasuk cabangnya iman.” (H.R. Muslim)
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3JP)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Guru
membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru
memulai pembelajaran dengan pembacaan Asmaul Husna
4)
Guru
melakukan appersepsi dengan menampilkan gambar
terkait tentang jujur, santun dan malu.
5)
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentangcerita “Kesaksian
Anas Bin Malik”
7)
Peserta didik dibagi menjadi tiga
kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8) Menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a)
Guru
menampilkan
contoh prilaku jujur santun dan malu melalui
tayangan video tentang “kejujuran”,
“santun” dan “malu”
b)
Semua peserta didik mengamati video
tayangan dengan menyiapkan komentar tayangan
2) Menanya:
a)
Setelah mengamati tayangan video diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tiap kelompok.
b)
Tiap kelompok menuliskan 2 pertanyaan
yang sesuai tema yang ditentukan, pada kertas yang sudah disediakan.
c)
Masing-masing kelompok bertukar kertas
pertanyaan dengan dipandu oleh guru.
d)
Masing – masing kelompok membacakan
pertanyaan yang sudah didapat dari kelompok lain.
3) Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok diberikan tugas
untuk berdiskusi dengan sumber buku siswa
a)
Setelah berdiskusi, masing-masing
kelompok membuat produk berupa mind mapping untuk menyusun konsep sebagai
jawaban atas pertanyaan yang dipilih yaitu ;
Kelompok
1
Ø Merumuskan
pengertian dan dalil tentang jujur
Ø Menyebutkan
contoh dan manfaat jujur
Kelompok 2
Ø Merumuskan
pengertian dan dalil tentang santun
Ø Menyebutkan
contoh dan manfaat santun
Kelompok 3
Ø Merumuskan
pengertian dan dalil tentang malu
Ø Menyebutkan
contoh dan manfaat malu
4) Asosiasi:
a)
Masing-masing kelompok menuangkan hasil
eksplorasi ke dalam kertas HVS dalam bentuk mind mapp tentang konsep jujur, santun dan malu
5) Komunikasikan:
a)
Secara bergantian masing-masing kelompok
mempresentasikanmind mapping hasil
diskusinya
b)
Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
c.
Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan
penguatan materi tentang jujur, santun dan malu.
2) Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta
didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward kepada kelompok dengan mnd
mapp yang mempresentasikan dengan terbaik
6) Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta
didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran hari
ini.
9) Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap :
Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal
2)
Aspek Pengetahuan: Tes
tertulis
3)
Aspek Ketrampilan:
produk dan portopolio
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Pertemuan pertama
a)
Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian jujur dengan
benar.
|
Jelaskan pengertian jujur !
|
2.
|
Menyebutkan dalil naqli
tentang jujur dengan benar.
|
Sebutkanlah salah satu dalil naqli yang menyebutkan
perintah jujur!
|
3.
|
Menjelaskan pengertian santun dengan
benar.
|
Jelaskan pengertian santun !
|
4.
|
Menyebutkan dalil naqli tentang
santun dengan benar.
|
Sebutkanlah salah satu dalil naqli yang menyebutkan
perintah santun!
|
5.
|
Menjelaskan pengertian malu dengan benar.
|
Jelaskan pengertian malu dalam Islam!
|
6.
|
Menyebutkan dalil naqli
tentang malu dengan benar.
|
Sebutkanlah salah satu dalil naqli yang menyebutkan
perintah malu yang positif !
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
skor
|
1.
|
Jujur adalah berkata apa adanya sesua
kenyataan
|
|
2.
|
QS . ali imron/3 :7
|
|
3.
|
Santun adalah berkata
lemah lembut dan bertingkah laku halus dan baik, ucapannya kepada orang lainlemah lembut, tingkah lakunya halus
serta menjaga perkataan.
|
|
4.
|
QS. AL-BAQOROH/2 :83
|
|
5.
|
Malu adalah menahan
diri dari perbuatan jelek serta merasa sangat tidak enak hati jka melakukan
perbuatan tercela
|
|
6.
|
QS. AL-BAQOROH/2 :83
|
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
1. Seseorang yang
berkata apa adanya dan sesuai kenyataan disebut . . . .
a. optimis
|
c. santun
|
b. jujur
|
d. malu
|
2. Lawan dari jujur
adalah . . . .
a. dusta
|
c. angkuh
|
b. pamer
|
d. ceroboh
|
3. Menurut QS. al-Ahzab/33:70
Allah Swt. memerintahkan orang-orang beriman untuk . . . .
a. bertakwa dan berikhtiar
|
c. bertakwa dan berkata benar
|
b. jujur dan santun
|
d. santun dan malu
|
4. Di bawah ini yang
merupakan salah satu manfaat jujur adalah ....
a. diremehkan orang lain
|
c. mudah diperalat orang lain
|
b. hatinya gelisah
|
d. hidupnya tenang
|
5. Berkata lemah
lembut dan bertingkah laku halus dan baik merupakan pengertian . . . .
a. santun
|
c. rendah diri
|
b. malu
|
d. tawadu’
|
6. Santun mencakup
dua hal, yakni . . . .
aa.
santun dalam ucapan dan santun dalam perbuatan
|
ab.
santun dalam hati dan menjaga perasaan orang lain
|
cc.
bertingkah laku baik dan ramah
|
dd.
rendah hati kepada orang lain dan lemah lembut
|
7. Salah satu manfaat
sifat santun adalah . . . .
aa.
menjadikan diri kita mudah diterima orang lain
|
bb.
menjadikan diri kita mudah dipermainkan orang lain
|
cc.
hidup menjadi tertekan dan gelisah
|
dd.
sering merasa rendah diri di hadapan orang lain
|
8. Menahan diri dari
perbuatan jelek, serta merasa sangat tidak enak hati jika melakukan perbuatan
tercela adalah pengertian . . . .
a.
percaya diri
|
c.
santun
|
b.
optimis
|
d. malu
|
9. Menurut hadis nabi
bahwa iman ada . . . cabang dan malu merupakan sebagian dari iman.
a. 70
|
c. 50
|
b. 60
|
d. 40
|
10. Berikut ini adalah sifat malu yang tepat . . . .
aa.
Malu menghadiri pengajian umum
|
bb.
Malu tidak mengerjakan PR
|
cc.
Malu diejek teman bila berjilbab
|
dd.
Malu salat berjama’ah di masjid
|
b)
Sikap
(Terlampir)
c)
Ketrampilan
(Terlampir)
2. Pengayaan
Bagi peserta didik yang
belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentan“Mengasah Pribadi
yang Unggul dengan Jujur, Santun, dan Malu” dan melakukan penilaian kembali
(lihat poin E) dengan soal yang sejenis.
3. Remedial
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada
waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.
F.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Power Point
b.
Gambar
c.
Speaker
active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas
plano
b.
Lem/dobel tip
3.
Sumber Belajar
a.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan
Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX/ Buku Siswa . Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX/Buku Guru. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..
Sungai Jauh, Juli 2019
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
HENDARTI
YULIANA, M.Pd. ULYA
WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP.198107132005012008 NIP. 199405052019022008
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Terbiasa
menghargai perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ali Imron/3:77, Q.S. al-Ahzab/33:70 dan hadis terkait.
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Observasi,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal
|
Penilai
|
:
|
Guru,
diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
a. Observasi
Tanggal Pengamatan : ..............................
Sikap yang dinilai :
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Tidak
menyontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
||
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lan tanpa menyebutkan
sumber ) dalam menyusun karya tuls
|
|
|
|
|
||
3
|
Mengungkapkan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
||
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
||
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki.
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah Skor
|
|
|||||
Keterangan
|
|
Nilai
|
|||||
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1= tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
||||||
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
|||||||
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|||||||
b. Penilaian Diri
Sikap
yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Sayaa mengerjakan tugas tanpa menjiplak hasil
karya orang lain
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mengatakan kebenaran walau pahit adanya
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan
kepada yang berwenang saat menemukan barang
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani
mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman lain
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya
menghormati kepada kedua orang tua
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya berkata
dengan sopan santun terhadap bapak dan ibu guru
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya
menyayangi teman-teman di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
||||
Keterangan
|
Nilai
|
|||||
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4=selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3=sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2=kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
1=tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
|||||
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
|
|
||||
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
||||
c. Penilaian Antar Peserta Didik
Nama
Pesrta didik :
Sikap
Spiritual yang diamati :
jujur, santun
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Tidak menyontek saat mengerjakan
ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/ menyalin karya
orang lan tanpa menyebutkan sumber ) dalam menyusun karya tuls
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu ap adanya
|
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau
informasi apa adanya
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki.
|
|
|
|
|
|
6
|
Menghormati kedua orang tua
|
|
|
|
|
|
7
|
Bertutur kata dengan sopan santun terhadap bapak dan
ibu guru.
|
|
|
|
|
|
8
|
Menyayangi teman-teman di sekolah
|
|
|
|
|
|
9
|
Berprilaku yang baik dalam pergaulan bak di rumah,
sekolah dan lngkungan
|
|
|
|
|
|
10
|
Malu berbuat yang tidak baik
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
||||
Petunjuk:
Berilah
tanda cek pada kolom pilihan berikut:
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
=sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2=kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
|||||
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
||||||
..........,..................................
(...........................................)
|
||||||
d. Jurnal
Nama
Peserta Didik :
Aspek
yang diamati :
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
||
Jumlah nilai
|
|
||||
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
|||
|
A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan
skor 86 – 100
B (Baik) = Jika
peserta didikmendapatkan skor 76-85
C
(Cukup) = Jika peserta
didikmendapatkan skor 66-75
D
(Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65
|
|
|||
Catatan:
...........................................................................................
|
|||||
..........,..................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|||||
Lampiran 2 : Penilaian ketrampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Produk
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
Penilaian
Produk
Membuat mind
mapping:
a.
Soal:
buatlah mind mapp materi mengasah pribadi yang unggul
dengan jujur, santun dan malu
b.
Penilaian:
Nama Kelompok:
........................................
Anggota: .......................................
Kelas: ................
No.
|
Aspek
|
Skor (1-5)
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Konsep
|
|
|
|
|
|
|
b.
Ide
dasar
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Artistik Desain
|
|
|
|
|
|
|
b.
inovasi kreatif desain.
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian
karya dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
d.
kedalaman eksplorasi tema
|
|
|
|
|
|
|
e.
komunikatif dalam penyampaian pesan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Laporan
Proyek
|
|
|
|
|
|
a.
Performans
|
|
|
|
|
|
|
b.
Presentasi/Penguasaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
|
|
Catatan:......................................................................
...................................................................................
|
|
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
Lampiran
3 :Soal Pengayaan
Kerjakan
soal berikut !
Kunci :
Lampiran
4. Soal Remedial
No comments:
Post a Comment