(RPP)
Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri Sungai Jauh
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Beriman kepada Qadha dan Qadar
Alokasi Waktu : 3x3 jam Pelajaran
1.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan
bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi
pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal,
memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan
lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha
dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi
menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah
takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.
2.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan
Bahan
2.1.1.
Alat :
Papan Tulis, Spidol
2.1.2.
Bahan :
Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al
Qur’an
2.1.3.
Pertanyaan
Apa yang kalian ketahui tentang Qadha
dan Qadar, sebutkan contohnya!
Apa yang kalian ketahui tentang Takdir,
Sebutkan contohnya !
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok
Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang
dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Siswa presentasi di depan kelas dari
masing-masing kelompok, tentang pengertian Qadha dan Qadar contoh-contoh nyata
perilaku tawakkal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. Menunjukkan
dalil Naqli tentang Qadha dan Qadar.
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian
Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Menyimpulkan
hasil presentasi siwa tentang pengertian Qadha dan Qadar, contoh nyata perilaku
tawakkal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar, serta menunjukkan
dalil Naqli tentang Qadha dan Qadar.
2.4.2. Penilaian
Menjawab 3 soal
Soal. 1. Apa pengertian Qadha dan
Qadar,
2. Contoh perilaku tawakkal terhadap
Qadha dan Qadar,
3. Menunjukkan dalil Naqli tentang
Qadha dan Qadar
Mengetahui, Sungai Jauh, Januari
2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
HENDARTI YULIANA, M.Pd ULYA
WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP.
19810713 200501 2 008 NIP. 19940505 201902 2 008
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri Sungai Jauh
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Beriman kepada Qadha dan Qadar
Alokasi Waktu : 3x3 jam Pelajaran
1.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan
bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi
pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal,
memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan
lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha
dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi
menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah
takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.
2.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1.
Alat dan Bahan
2.1.1. Alat:
Papan Tulis, Spidol
2.1.2. Bahan :
Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al
Qur’an
2.1.3. Pertanyaan
Apa yang kalian ketahui tentang Qadha
dan Qadar, sebutkan contohnya!
Apa yang kalian ketahui tentang Takdir
Muallaq dan Takdir Mubrom, Sebutkan contohnya !
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok
Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang
dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Siswa presentasi di depan kelas dari
masing-masing kelompok, tentang pengertian Takdir dan contohnya. Menunjukkan
dalil Naqli tentang Takdir. Membedakan antara Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom
beserta contohnya dan bagaimana menyikapi kedua macam takdir tersebut.
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian
Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Menyimpulkan
hasil presentasi siwa tentang pengertian Takdir dan contohnya. Menunjukkan
dalil Naqli tentang Takdir. Membedakan antara Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom
beserta contohnya dan bagaimana menyikapi kedua macam takdir tersebut.
2.4.2. Penilaian
Menjawab 6 soal
Soal.
1. Apa pengertian Takdir,
2. Contoh Takdir,
3. Menunjukkan dalil Naqli tentang Takdir
4. Contoh Takdir Muallaq pada diri
sendiri dan lingkungan
5. Contoh Takdir Mubrom pada diri
sendiri dan lingkungan
6. cara menyikapi Takdir Muallaq dan
takdir Mubrom
Mengetahui, Sungai Jauh, Januari
2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
HENDARTI YULIANA, M.Pd ULYA
WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP.
19810713 200501 2 008 NIP. 19940505 201902 2 008
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri Sungai Jauh
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IX / Genap
Materi Pokok : Beriman kepada Qadha dan Qadar
Alokasi Waktu : 3x3 jam Pelajaran
3.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan
bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi
pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal,
memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan
lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha
dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi
menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah
takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan
Bahan
2.1.1.
Alat :
Papan Tulis, Spidol
2.1.2.
Bahan :
Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al
Qur’an
2.1.3.
Pertanyaan
Apa yang bisa kalian Ambil Hikmah dari
beriman ke pada Qadha dan Qadar?
Apa yang bisa kalian Ambil Hikmah dari
mengimani Takdir Muallaq maupun Mubrom?
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok
Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang
dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Siswa presentasi di depan kelas dari
masing-masing kelompok, tentang Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta
Hikmah meyakini Takdir Muallaq dan Mubrom.
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian
Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Menyimpulkan
hasil presentasi siwa tentang Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta
Hikmah meyakini Takdir Muallaq dan Mubrom.
2.4.2. Penilaian
Menjawab 2 soal
Soal.
1.
Apa Hikmah beriman kepada Qadha dan
Qadar?
2.
Apa Hikmah Beriman kepada Takdir
Muallaq dan Takdir Mubrom?
Mengetahui, Sungai
Jauh, Januari 2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran/Kelas
HENDARTI YULIANA, M.Pd ULYA
WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP.
19810713 200501 2 008 NIP. 19940505 201902 2 008
No comments:
Post a Comment