Tuesday, 28 January 2020

RPP terbaru 1 lembar kls IX tentang Beriman Kepada Qadha dan Qadar


llaRencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Satuan Pendidikan      : SMP Negeri Sungai Jauh

Mata Pelajaran/Tema             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                      : IX / Genap

Materi Pokok                         : Beriman kepada Qadha dan Qadar

Alokasi Waktu                       : 3x3 jam Pelajaran

1.  Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal, memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.

2.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan

2.1.1. Alat     :
Papan Tulis, Spidol

2.1.2. Bahan :

Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al Qur’an

2.1.3. Pertanyaan

Apa yang kalian ketahui tentang Qadha dan Qadar, sebutkan contohnya!
Apa yang kalian ketahui tentang Takdir, Sebutkan contohnya !
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok

Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Siswa presentasi di depan kelas dari masing-masing kelompok, tentang pengertian Qadha dan Qadar contoh-contoh nyata perilaku tawakkal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. Menunjukkan dalil Naqli tentang Qadha dan Qadar.

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
              Menyimpulkan hasil presentasi siwa tentang pengertian Qadha dan Qadar, contoh nyata perilaku tawakkal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar, serta menunjukkan dalil Naqli tentang Qadha dan Qadar.


2.4.2. Penilaian

Menjawab 3 soal
Soal. 1. Apa pengertian Qadha dan Qadar,
2. Contoh perilaku tawakkal terhadap Qadha dan Qadar,
3. Menunjukkan dalil Naqli tentang Qadha dan Qadar



Mengetahui,                                                         Sungai Jauh,     Januari  2020

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran/Kelas



HENDARTI YULIANA, M.Pd                           ULYA WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP. 19810713 200501 2 008                                 NIP. 19940505 201902 2 008

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Satuan Pendidikan      : SMP Negeri Sungai Jauh

Mata Pelajaran/Tema             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                      : IX / Genap

Materi Pokok                         : Beriman kepada Qadha dan Qadar

Alokasi Waktu                       : 3x3 jam Pelajaran

1.  Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal, memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.

2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan

2.1.1. Alat:
Papan Tulis, Spidol

2.1.2. Bahan :

Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al Qur’an

2.1.3. Pertanyaan

Apa yang kalian ketahui tentang Qadha dan Qadar, sebutkan contohnya!
Apa yang kalian ketahui tentang Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom, Sebutkan contohnya !
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok

Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Siswa presentasi di depan kelas dari masing-masing kelompok, tentang pengertian Takdir dan contohnya. Menunjukkan dalil Naqli tentang Takdir. Membedakan antara Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom beserta contohnya dan bagaimana menyikapi kedua macam takdir tersebut.

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Menyimpulkan hasil presentasi siwa tentang pengertian Takdir dan contohnya. Menunjukkan dalil Naqli tentang Takdir. Membedakan antara Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom beserta contohnya dan bagaimana menyikapi kedua macam takdir tersebut.

2.4.2. Penilaian

Menjawab 6 soal
Soal.
1. Apa pengertian Takdir,
2. Contoh Takdir,
3. Menunjukkan dalil Naqli tentang Takdir
4. Contoh Takdir Muallaq pada diri sendiri dan lingkungan
5. Contoh Takdir Mubrom pada diri sendiri dan lingkungan
6. cara menyikapi Takdir Muallaq dan takdir Mubrom







Mengetahui,                                                         Sungai Jauh,     Januari  2020

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran/Kelas



HENDARTI YULIANA, M.Pd                           ULYA WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP. 19810713 200501 2 008                                 NIP. 19940505 201902 2 008

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Satuan Pendidikan      : SMP Negeri Sungai Jauh

Mata Pelajaran/Tema             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                      : IX / Genap

Materi Pokok                         : Beriman kepada Qadha dan Qadar

Alokasi Waktu                       : 3x3 jam Pelajaran

3.  Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu menunjukkan bagaimana beriman kepada Qadha dan Qadar, memberikan contoh implementasi pemahaman beriman kepada Qadha dan Qadar dengan berperilaku Tawakkal, memberikan contoh Qadha dan Qadardari pengamatan terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitar, serta mampu menyebutkan dalil Naqli tentang adanya Qadha dan Qadar. Terakhir siswa mampu menrapkan cara bersyukur atas apa yang menjadi menjadi takdir mubrom baginya dengan bertawakkal dan mau berusaha untuk merubah takdir muallaq dari Allah dengan cara Ikhtiar.

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan

2.1.1. Alat     :
Papan Tulis, Spidol

2.1.2. Bahan :

Buku Ajar kelas IX SMP, Internet, Al Qur’an

2.1.3. Pertanyaan

Apa yang bisa kalian Ambil Hikmah dari beriman ke pada Qadha dan Qadar?
Apa yang bisa kalian Ambil Hikmah dari mengimani Takdir Muallaq maupun Mubrom?
2.2. Siswa melakukan diskusi kelompok

Siswa berdiskusi sesuai kelompok yang dibentuk dan materi yang sudah di bagi oleh guru di masing-masing kelompok.

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Siswa presentasi di depan kelas dari masing-masing kelompok, tentang Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta Hikmah meyakini Takdir Muallaq dan Mubrom.

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
             Menyimpulkan hasil presentasi siwa tentang Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta Hikmah meyakini Takdir Muallaq dan Mubrom.


2.4.2. Penilaian

Menjawab 2 soal
Soal.
1.      Apa Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar?
2.      Apa Hikmah Beriman kepada Takdir Muallaq dan Takdir Mubrom?



Mengetahui,                                                         Sungai Jauh,     Januari  2020

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran/Kelas



HENDARTI YULIANA, M.Pd                           ULYA WIJI ASTUTIK, S.Pd.I
NIP. 19810713 200501 2 008                                 NIP. 19940505 201902 2 008



No comments:

Post a Comment