RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Satuan Pendidikan :
MA NU Al Hidayah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII IPS 1 / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x
pertemuan )
Pertemuan ke : II ( Dua )
A.
Standar Kompetensi : 1. Memahami keteladanan
dakwah Nabi Muhammad SAW
dalam membina umat
B.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan
Rasulullah SAW. Dalam dakwah Islam periode
Mekah dan Madinah.
1.2 Mengambil
Ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW. Dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan
Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
C.
Indikator :
Ø Mengidentifikasi hasil dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah dan Madinah.
Ø Mengidentifikasi
tantangan Rasulullah ketika berdakwah di Mekah dan Madinah.
Ø Menjelaskan Ibrah dari dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah dan Madinah.
D.
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu Mengidentifikasi hasil dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah dan
Madinah.
Ø Siswa
mampu Mengidentifikasi tantangan Rasulullah ketika berdakwah di Mekah dan
Madinah.
Ø Siswa mampu Menjelaskan Ibrah dari dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah dan
Madinah.
E. Karakter
Karakter
peserta didik yang diharapkan : Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Komunikatif.
F.
Materi Pembelajaran :
Keteladanan Dakwah Nabi Muhammad SAW. Dalam Membina Umat.
G. Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab.
Model : Kooperatif
H. Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Media / Sumber
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan bacaan basmalah
Ø Siswa
dikondisikan untuk memperoleh suasana pembelajaran yang kondusif
Ø Guru
mengecek kehadiran siswa
Ø Guru
menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan menyebutkan
SK-KD yang hendak dicapai
Ø Guru
melakukan apersepsi (penilaian kemampuan awal)
|
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.Ekplorasi
Ø Guru
menanyakan perbedaan subtansi dakwah Rasulullah
di Mekah dan Madinah.
Ø Guru
menanyakan hasil dakwah Rasulullah di Mekah dan Madinah
kepada siswa.
Ø Guru menyakan Ibrah dakwah rasulullah di Mekah dan Madinah
untuk masa yang akan datang kepada siswa.
b.
Elaborasi
Ø Guru
memberi penjelasan proses Hijrahnya Rasul ke Madinah.
Ø Siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
Ø Guru
membagi kelas menjadi 6 kelompok dengan nama yang telah ditentukan guru,
kemudian setiap kelompok di minta untuk membuat satu soal dalam
waktu 5 menit sesuai indikator yang telah di bagi guru pada masing-masing
kelompok.
Ø Soal yang sudah ada di simpan dulu, kemudian semua siswa di
minta untuk memepelajari materi yang akan di diskusikan bersama selama 10
menit.
Ø Pertanyaan yang telah di buat di masukan dalam botol
kemudian salah satu perwakilan kelompok mengirim botol tersebut ke kelompok
yang di inginkan.
Ø Kelompok yang mendapat pertanyaan, harus menjawab dan
mendapat umpan balik dari kelompok yang memberi pertanyaan.
c. Konfirmasi
Ø Guru
membahas setiap pertanyaan dan jawaban dari
masing-masing kelompok.
Ø Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
|
Buku
Paket dan LKS
|
55
Menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Ø Guru
memberikan evaluasi dengan memberikan 1 lembar soal yang berisi 1 pertanyaan yang berbeda antar siswa.
Ø Guru
menunjuk beberapa siswa untuk membaca dan menjawab
pertanyaan.
Ø Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk meresum materi yang sudah di diskusikan.
Ø Guru
menyampaikan kisi-kisi materi yang akan disampaikan pertemuan yang akan
datang.
Ø Guru
mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah.
Ø Guru
mengucapkan salam penutup.
|
|
15
Menit
|
I. Sumber belajar
Ø Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam untuk MA kelas XII.
Erlangga. 2012
Ø LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, C.V. Gema Nusa
Klaten
Ø LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, Putra Nugraha
J.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
Mengidentifikasi
hasil dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah dan Madinah.
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
· Sebutkan hasil dakwah Rasulullah ketika di mekah!
· Sebutkan hasil dakwah Rasulullah ketika di Madinah!
|
Mengidentifikasi tantangan Rasulullah
ketika berdakwah di Mekah dan Madinah.
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
· Sebutkan tantangan dakwah Rasulullah Ketika di Mekah!
· Sebutkan tantangan dakwah Rasulullah Ketika di Madinah!
|
Menjelaskan Ibrah dari dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekah
dan Madinah.
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
· Sebutkan Ibrah dakwah rasulullah ketika di Mekah!
· Sebutkan Ibrah dakwah rasulullah ketika di Madinah!
|
No
|
Kunci jawaban
|
1
|
· Hasil
dakwah Rasulullah di Mekah
Ø Sembunyi-sembunyi
(3 tahun)
Ø Terang-terangan
(10 tahun )
· Metode
dakwah ketika di Madinah
Ø Terang-terangan
(10 tahun )
|
2
|
· Tantangan
dakwah Rasulullah di Mekah
1)
Kaum Quraisy memeberikan
ancaman kepada paman Nabi yaitu Abu Tholib untuk memilih satu diantara dua
pilihan “menyerahkan Rasul kepada Quraisy atau menghentikan dakwah
Rasulullah”
2)
Kaum Quraisy memusuhi,
menghina dan menyiksa Nabi Muhammad SAW.
· Tantangan
dakwah Rasulullah di Madinah
1)
Kaum Quraisy melakukan penyerangan ke Madinah yaitu
dengan adanya perang (prang uhud, badar, khandaq).
2)
Adanya perjanjian Hudaibiyah yang berisi:
a.
Kedua belah pihak sepakat mengadakan gencatan senjata
selama 10 tahun
b.
Setiap orang diberi kebebasan bergabung dengan Muhammad
dengan demikian juga dengan kelompok Quraisy.
c.
Yang bergabung dengan Muhammad tanpa alasan yang
dibenarkan harus dicegah
d.
Pada tahun ini rombongan Muhammad harus kembali ke
Madinah, tahun berikutnya diizinkan untuk untuk melakukan ibadah haji.
|
3
|
· Ibrah dakwah Rasulullah SAW di Mekah
1)
Kesabaran dan ketabahan
dalam menyiarkan agama islam akan mendapat pertolongan Allah SWT.
2)
Menjadikan Muhammad
sebagai tauladan yang baik
3)
Mendapatkan informasi
tentang agama islam bahwa islam mengajarkan persamaan derajat
· Ibrah dakwah Rasulullah SAW di Madinah
1)
Berdakwah atau menyeru orang lain ke jalan
kebaikan.
2)
Memandang orang lain tanpa membedakan jenis
kelamin, suku dan budaya.
3)
Menjadikan kegigihan Rasul sebagai motivasi
dalam hidup.
4)
Terciptanya hubungan yang kondusif antara
yang kaya maupun miskin.
|
Kudus, 18 Agustus 2014
Guru Pamong
Hj. Sulisti’ah S,Pd.I
|
Guru Praktikan
UlyaWiji Astutik
NIM. 111214
|
Mengetahui,
|
|
Kepala MA NU AL
Hidayah
Muktafi, S.Ag.,
M.Ag.
NIP. 19700127
199803 1 001
|
Dosen Pembimbing
Lapangan
Drs. Thoifuri, M.Ag.
NIP. 19671207
200003 1 001
|
No comments:
Post a Comment