Sunday, 17 August 2014

Sejarah kebudayaan Islam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan    : MA NU Al Hidayah
Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester          : XII IPS 1 / Gasal
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit ( 1 x  pertemuan )     
Pertemuan ke            : I ( Pertama )
A.  Standar Kompetensi        : 1. Memahami keteladanan dakwah Nabi Muhammad SAW
                                                       dalam membina umat

B.  Kompetensi Dasar            : 1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW. Pada periode                                             Mekah dan  Madinah.
  1.2 Mendeskripsikan subtansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW. Periode Mekah dan Madinah.

C.  Indikator                           :
Ø Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah Nabi ke Madinah
Ø Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.
Ø Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.

D.  Tujuan Pembelajaran :
Ø Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah Nabi ke Madinah
Ø Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.
Ø Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah..

E.  Karakter
Karakter peserta didik yang diharapkan : Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Komunikatif.

F.   Materi Pembelajaran :
Keteladanan Dakwah Nabi Muhammad SAW. Dalam Membina  Umat.

G. Metode dan Model Pembelajaran :
Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab.
Model           : Kooperatif

H.  Langkah-langkah pembelajaran

No.
Langkah-langkah kegiatan
Media / Sumber
Waktu
1.
Kegiatan Awal
Ø Guru mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan bacaan basmalah
Ø Siswa dikondisikan untuk memperoleh suasana pembelajaran yang kondusif
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan menyebutkan SK-KD yang hendak dicapai
Ø Guru melakukan apersepsi (penilaian kemampuan awal)

10 Menit
2.                   
Kegiatan inti
a.Ekplorasi
Ø Guru membacakan dan menjelaskan potongan Ayat tentang dakwah.
Ø Guru menanyakan inti dari potongan ayat yang sudah dijelaskan kepada siswa.
Ø Guru mengaitkan potongan ayat tersebut dengan materi yang akan disampaikan.
b. Elaborasi
Ø  Guru memberi penjelasan tentang kerasulan Nabi Muhammad SAW di mekah dan hijrah Rasul ke Madinah.
Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
Ø  Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, kemudian setiap kelompok dikasih materi sesuai indikator untuk di diskusikan. Setelah itu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
c.    Konfirmasi
Ø  Guru membahas hasil presentasi dari setiap kelompok satu persatu.
Ø  Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
Buku Paket dan LKS
55 Menit
3.                  
Kegiatan Akhir
Ø  Guru memberikan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa secara acak.
Ø  Guru memberikan kesimpulan tentang materi tersebut.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk meresum materi yang sudah di diskusikan.
Ø  Guru menyampaikan kisi-kisi materi yang akan disampaikan pertemuan yang akan datang.
Ø  Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah.
Ø  Guru mengucapkan salam penutup.

15 Menit



I.     Sumber belajar
Ø   Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam untuk MA kelas XII. Erlangga. 2012
Ø   LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, C.V. Gema Nusa Klaten
Ø   LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, Putra Nugraha

J.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrumen
Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah Nabi ke Madinah
Tanya Jawab
Tes Lisan
·       Bagaimana proses pengangkatan Muhammad menjadi Rasul?
·        Jelaskan tujuan Rasulullah hijrah ke Madinah !
Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.
Tanya Jawab
Tes Lisan
·      Sebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di mekah dan Madinah!

Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.

Tanya Jawab
Tes Lisan
·      Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Nabi ketika dakwah di Mekah dan Madinah?

No
Kunci jawaban
1
·      Proses Pengangkatan Muhammad Menjadi Rasul
Suatu Ketika, Pada Hari Jum’at Malam 17 Ramadhan Nabi Muhammad Sedang Khusyuk Bertafakur Kepada Allah SWT. Tiba-Tiba Malaikat Jibril Datang Memeluknya Seraya Berkata “Bacalah Wahai Muhammad!” Muhammad Menjawab “Saya Tidak Bisa Membaca” Dan Hal Itu Sampai Berulang 3 Kali . Lalu Nabi Bertanya Kepada Malaikat Jibril. “Apa Yang Harus Aku Baca?” Malaikat Jibril Menjawab Dengan Wahyu Pertama Yaitu Surat Al Alaq Ayat 1 Sampai 5. Dan Muhammad Menirukan Bacaan Itu, Hingga Kata-Kata Itu Terpatri Dalam Kalbunya. Selanjutnya Nabi Pulang Dan Menceritakan Kepada Istrinya Yaitu Khadijah, Kemudian Khadijah Mendatangi Seorang Rahib Yaitu Waraqah Bin Naufal. Lalu Waraqah Bin Naufal Menganalisis Menggunakan Kitab-Kitab Suci, Dan Menyimpulkan Bahwa Muhammad Adalah Nabi Yang Terakhir Yang Telah Di Beritakan Dalam Kitab-Kitab Tersebut.
·      Tujuan Rasulullah Hijrah Ke Madinah
Ø  Menyelamatkan Diri Dan Umat Islam dari tekanan, ancaman, dan kekerasan kaum kafir Quraisy.
Ø   Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah sehingga dapat meninggalkan usaha-usahanya dalam berjihad di jalan Allah SWT.
2
Metode Dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·      Metode dakwah ketika di Mekah
Ø Sembunyi-sembunyi (3 tahun)
Ø Terang-terangan (10 tahun )
·      Metode dakwah ketika di Madinah
Ø Terang-terangan (10 tahun )

3




Strategi yang dilakukan oleh Nabi ketika dakwah di Mekah dan Madinah
·      Ketika di Mekah Rasulullah menggunakan strategi dengan dakwah dimuali dari kerabat dekat yaitu keluarga dan sahabat. Kemudian beliau berdakwah terang-terangan setelah turun perintah dari Allah.
·       Ketika di Madinah Rasulullah menggunakan strategi yaitu dengan cara membangun Masjid yang digunakah ibadah dan juga pendidikan. Kemudian mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor yang sebelumnya selalu berkonflik. Merumuskan Piagam Madinah yang berlaku bagi seluruh kaum Muslimin dan orang-orang Yahudi. Meletakkan dasar-dasar politik, ekonomi, dan sosial yang Islami.
]
 Kudus, 11 Agustus 2014

Guru Pamong



Hj. Sulisti’ah S,Pd.I
Guru Praktikan



UlyaWiji Astutik
NIM. 111214

Mengetahui,
Kepala MA NU AL Hidayah



Muktafi, S.Ag., M.Ag.
NIP. 19700127 199803 1 001
Dosen Pembimbing Lapangan



Drs. Thoifuri, M.Ag.
NIP. 19671207 200003 1 001

No comments:

Post a Comment