RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Satuan Pendidikan :
MA NU Al Hidayah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII IPS 1 / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x
pertemuan )
Pertemuan ke : I ( Pertama
)
A. Standar Kompetensi : 1. Memahami keteladanan dakwah Nabi Muhammad SAW
dalam membina umat
B. Kompetensi Dasar : 1.1 Menceritakan sejarah dakwah
Rasulullah SAW. Pada periode Mekah dan Madinah.
1.2 Mendeskripsikan
subtansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW. Periode Mekah dan Madinah.
C. Indikator :
Ø Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah Nabi ke Madinah
Ø Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan
Madinah.
Ø Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.
D. Tujuan Pembelajaran :
Ø Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah Nabi ke Madinah
Ø Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan
Madinah.
Ø Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah..
E. Karakter
Karakter peserta didik yang
diharapkan : Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Komunikatif.
F. Materi Pembelajaran :
Keteladanan Dakwah Nabi Muhammad SAW. Dalam Membina Umat.
G.
Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab.
Model : Kooperatif
H.
Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Media / Sumber
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan bacaan basmalah
Ø Siswa
dikondisikan untuk memperoleh suasana pembelajaran yang kondusif
Ø Guru
mengecek kehadiran siswa
Ø Guru
menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan menyebutkan
SK-KD yang hendak dicapai
Ø Guru
melakukan apersepsi (penilaian kemampuan awal)
|
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.Ekplorasi
Ø
Guru
membacakan dan menjelaskan potongan Ayat tentang dakwah.
Ø
Guru
menanyakan inti dari potongan ayat yang sudah dijelaskan kepada siswa.
Ø
Guru
mengaitkan potongan ayat tersebut dengan materi yang akan disampaikan.
b.
Elaborasi
Ø Guru
memberi penjelasan tentang kerasulan Nabi Muhammad SAW di mekah dan hijrah
Rasul ke Madinah.
Ø Siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
Ø Guru
membagi kelas menjadi 5 kelompok, kemudian setiap kelompok dikasih materi
sesuai indikator untuk di diskusikan. Setelah itu perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
c. Konfirmasi
Ø Guru
membahas hasil presentasi dari setiap kelompok satu persatu.
Ø Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
|
Buku
Paket dan LKS
|
55
Menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Ø Guru
memberikan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa secara
acak.
Ø Guru
memberikan kesimpulan tentang materi tersebut.
Ø Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk meresum materi yang sudah di diskusikan.
Ø Guru
menyampaikan kisi-kisi materi yang akan disampaikan pertemuan yang akan
datang.
Ø Guru
mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah.
Ø Guru
mengucapkan salam penutup.
|
|
15
Menit
|
I.
Sumber belajar
Ø Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam untuk MA kelas XII. Erlangga.
2012
Ø LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, C.V. Gema Nusa
Klaten
Ø LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal, Putra Nugraha
J. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
Mendefinisikan kerasulan Muhammad SAW di Mekah dan Hijrah
Nabi ke Madinah
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
·
Bagaimana proses
pengangkatan Muhammad menjadi Rasul?
·
Jelaskan tujuan
Rasulullah hijrah ke Madinah !
|
Menyebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW
di Mekah dan Madinah.
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
·
Sebutkan metode dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di
mekah dan Madinah!
|
Menguraikan
strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah.
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
·
Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Nabi ketika dakwah
di Mekah dan Madinah?
|
No
|
Kunci jawaban
|
1
|
·
Proses
Pengangkatan Muhammad Menjadi Rasul
Suatu Ketika,
Pada Hari Jum’at Malam 17 Ramadhan Nabi Muhammad Sedang Khusyuk Bertafakur
Kepada Allah SWT. Tiba-Tiba Malaikat Jibril Datang Memeluknya Seraya Berkata
“Bacalah Wahai Muhammad!” Muhammad Menjawab “Saya Tidak Bisa Membaca” Dan Hal
Itu Sampai Berulang 3 Kali . Lalu Nabi Bertanya Kepada Malaikat Jibril. “Apa
Yang Harus Aku Baca?” Malaikat Jibril Menjawab Dengan Wahyu Pertama Yaitu Surat
Al Alaq Ayat 1 Sampai 5. Dan Muhammad Menirukan Bacaan Itu, Hingga Kata-Kata
Itu Terpatri Dalam Kalbunya. Selanjutnya Nabi Pulang Dan Menceritakan Kepada
Istrinya Yaitu Khadijah, Kemudian Khadijah Mendatangi Seorang Rahib Yaitu
Waraqah Bin Naufal. Lalu Waraqah Bin Naufal Menganalisis Menggunakan
Kitab-Kitab Suci, Dan Menyimpulkan Bahwa Muhammad Adalah Nabi Yang Terakhir
Yang Telah Di Beritakan Dalam Kitab-Kitab Tersebut.
·
Tujuan
Rasulullah Hijrah Ke Madinah
Ø Menyelamatkan Diri Dan Umat Islam dari tekanan, ancaman, dan
kekerasan kaum kafir Quraisy.
Ø Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta
beribadah sehingga dapat meninggalkan usaha-usahanya dalam berjihad di jalan
Allah SWT.
|
2
|
Metode
Dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·
Metode
dakwah ketika di Mekah
Ø Sembunyi-sembunyi (3 tahun)
Ø Terang-terangan (10 tahun )
·
Metode
dakwah ketika di Madinah
Ø Terang-terangan (10 tahun )
|
3
|
Strategi yang dilakukan oleh Nabi ketika dakwah di Mekah
dan Madinah
·
Ketika di Mekah Rasulullah menggunakan strategi dengan dakwah
dimuali dari kerabat dekat yaitu keluarga dan sahabat. Kemudian beliau
berdakwah terang-terangan setelah turun perintah dari Allah.
· Ketika di Madinah Rasulullah menggunakan strategi
yaitu dengan cara membangun Masjid yang digunakah ibadah dan juga pendidikan.
Kemudian mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor yang sebelumnya selalu
berkonflik. Merumuskan Piagam Madinah yang berlaku bagi seluruh kaum Muslimin
dan orang-orang Yahudi. Meletakkan dasar-dasar politik, ekonomi, dan sosial
yang Islami.
|
]
Kudus, 11 Agustus 2014
Guru Pamong
Hj. Sulisti’ah S,Pd.I
|
Guru Praktikan
UlyaWiji Astutik
NIM. 111214
|
Mengetahui,
|
|
Kepala MA NU AL
Hidayah
Muktafi, S.Ag.,
M.Ag.
NIP. 19700127
199803 1 001
|
Dosen Pembimbing
Lapangan
Drs. Thoifuri, M.Ag.
NIP. 19671207
200003 1 001
|
No comments:
Post a Comment