RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Satuan Pendidikan :
MA NU Al Hidayah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII IPA /
Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x
pertemuan )
Pertemuan ke : III ( Tiga
)
A.
Standar Kompetensi : 2. Memahami masalah
kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat.
B.
Kompetensi Dasar : 2.1 Menceritakan
proses dan model kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin.
C.
Indikator :
Ø Mengidentifikasi silsilah pada masa Khulafaur Rasyidin.
Ø Mendeskripsikan pemilihan pada masa Khulafaur Rasyidin.
Ø Menjelaskan model kepemimpinan pada masa Khulafaur
Rasyidin.
.
D.
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu mengidentifikasi silsilah pada masa Khulafaur
Rasyidin.
Ø Siswa mampu mendeskripsikan pemilihan pada masa Khulafaur
Rasyidin.
Ø Siswa mampu menjelaskan model kepemimpinan pada masa
Khulafaur Rasyidin. .
E. Karakter
Karakter
peserta didik yang diharapkan : Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Komunikatif,
kreatif dan mandiri
F.
Materi Pembelajaran :
Masalah kepemimpinan umat Islam pasca
Nabi wafat.
G. Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Ceramah, tanya jawab, tugas.
H. Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Media / Sumber
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
Ø Guru mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan
bacaan basmalah
Ø Siswa dikondisikan untuk memperoleh suasana pembelajaran
yang kondusif
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan menyebutkan SK-KD yang hendak dicapai
Ø Guru melakukan apersepsi (penilaian kemampuan awal)
|
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.Ekplorasi
Ø Guru memberikan selembar kertas kepada
siswa.
Ø Guru membacakan pertanyaan singkat tentang
materi yang akan disampaikan.
Ø Siswa menjawab di atas kertas tanpa
membuka buku pegangan.
Ø Guru memerintah siswa untuk menyimpan
kertas yang udah ada jawabannya
b.
Elaborasi
Ø Guru memberi penjelasan proses dan model
kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin.
Ø Guru menggunakan LCD proyektor dalam
penyampaian materi.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
Ø Guru memberikan beberapa pertanyan kepada
siswa kemudian siswa boleh menanyakan materi yang belum jelas.
c. Konfirmasi
Ø Siswa diperintah untuk membuka kembali
kertas yang ada jawabannya tadi.
Ø Siswa diperintah untuk menjawab pertanyaan
yang sama seperti di awal, di belakang kertas yang sudah ada jawabannya
tersebut.
|
· Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah
Kebudayaan Islam untuk MA kelas XII. Erlangga. 2012
· LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam
XII Semester Gasal, C.V. Gema Nusa Klaten
· LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam
XII Semester Gasal, Putra Nugraha
· LCD Proyektor
|
55
Menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Ø Guru memberikan evaluasi dengan memberikan pertanyaan acak kepada siswa.
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum materi yang sudah di terima.
Ø Guru menyampaikan kisi-kisi materi yang akan disampaikan
pertemuan yang akan datang.
Ø Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah.
Ø Guru mengucapkan salam penutup.
|
|
15
Menit
|
I. Sumber belajar
Ø Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam untuk MA
kelas XII. Erlangga. 2012
Ø LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal,
C.V. Gema Nusa Klaten
Ø LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal,
Putra Nugraha
J.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
Mengidentifikasi
silsilah pada masa Khulafaur Rasyidin.
|
Tanya jawab
Penugasan
|
Tes Lisan
Tes tertulis
|
· Jelaskan
silsilah Abu Bakar sebagai Khalifah !
· Jelaskan
silsilah Umar bin Khattab sebagai Khalifah !
|
Mendeskripsikan
pemilihan pada masa Khulafaur Rasyidin.
|
Tanya jawab
Penugasan
|
Tes Lisan
Tes tertulis
|
· Jelaskan
proses pemilihan Ustman bin Affan sebagai khalifah!
· Jelaskan
proses pemilihan Ali bin Abi Tholib sebagai khalifah!
|
Menjelaskan model kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin.
|
Tanya jawab
Penugasan
|
Tes Lisan
Tes tertulis
|
· Jelaskan
model kepemimpinan Khalifah Abu Bakar!
· Jelaskan
model kepemimpinan Khalifah Usman bin Affan!
|
No
|
Kunci jawaban
|
1
|
· Silsilah
Abu Bakar Sebagai Khalifah Sembunyi-Sembunyi (3 Tahun)
Nama Asli Beliau Adalah
Abdullah Bin Usman Bin Amir Bin Amru Bin Ka’ab Bin Lua’ai Bin Ghalib Bin Fihr
Al Qurasy At Taimi. Bertemu Nasab Dengan Rasulullah Pada Kakeknya Murah Bin
Ka’ab Bin Lu’ai.
· Silsilah
Umar Bin Khattab Sebagai
Umar Bin Khatab
Dilahirkan Pada Tahun 581 M, Berasal Dari Suku Adi, nasab uamr bin Khattab
adalah Umar bin Khattab bin Nufail bin adi bin Abdul Uzza bin Ribaah bin
Abdullah bin Qurth bin Razaah bin Adi bin Ka’ab bin Lu’ai, Abu Hafz Al Adawi.
|
2
|
· Proses
pemilihan Ustman bin Affan sebagai khalifah
Usman bin Affan dipilih secara Musyawarah pada bulan
Dzulhijjah tahun 23 H atau 644M dan Ustman bin Affan dilantik pada awal
Muharram 24 H atau 644M. Dewan yang memilih khalifah pengganti Umar bin
Khattab di sebut Ahlul Halil wal Aqdi
· Proses pemilihan
Ali bin Abi Tholib sebagai khalifah
Pemilihan Ali bin Abi Tholib sebagai khalifah dilakukan
melalui pemilihan dan pertemuan terbuka. Suasana pada saat itu sedang kacau
karena hanya ada beberapa tokoh senior masyarakat Islam yang tinggal di
Madinah sehingga keabsahan pengangkatan Ali bin Abi Thalibditolak oleh
sebagian masyarakat, termasuk Muawiyah bin Abi sufyan.
|
3
|
· model
kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
Ø mengirim pasukan untuk
memerangi bangsa Romawi.
Ø menegakkan
prinsip-prinsip agama.
Ø memperluas wilayah
kekuasaan Islam sampai ke Suriah dan Persia.
Ø Mengumpulkan lembaran –
lembaran Al Qur’an yang terpisah.
·
model
kepemimpinan Khalifah Usman bin Affan
Ø memperluas wilayah
kekuasaan mencapai persia.
Ø Memebentuk angkatan laut
untuk menghadapi serangan laut dari pasukan Romawi.
Ø Membukukan Al Qur’an.
|
Kudus, 7 September 2014
Guru Pamong
Hj. Sulisti’ah S,Pd.I
|
Guru Praktikan
UlyaWiji Astutik
NIM. 111214
|
Mengetahui,
|
|
Dosen Pembimbing Lapangan
Drs. Thoifuri, M.Ag.
NIP. 19671207 200003 1 001
|
No comments:
Post a Comment