RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Satuan Pendidikan :
MA NU Al Hidayah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII IPS 2 / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x
pertemuan )
Pertemuan ke : IV ( Empat
)
A.
Standar Kompetensi : 2. Memahami masalah
kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat.
B.
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan khulafaur Rasyidin..
2.3 Mengambil
ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa
yang akan datang.
C.
Indikator :
Ø Menyebutkan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
Ø Menganalisis penataan pemerintahan pada masa Khulafaur
Rasyidin.
Ø Menguraikan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan
masa kini dan masa yang akan datang.
Ø Meneladani
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
D.
Tujuan Pembelajaran :
Ø Siswa mampu menyebutkan strategi kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin.
Ø Siswa mampu menganalisis penataan pemerintahan pada masa
Khulafaur Rasyidin
Ø Siswa mampu menguraikan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
Ø Siswa mampu meneladani kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
E.
Karakter
Karakter
peserta didik yang diharapkan : Religius, Jujur, Tanggung Jawab, Rasa Ingin
Tahu, Disiplin, Mandiri, Kreatif dan Komunikatif.
F.
Materi Pembelajaran :
1.
Mendeskripsikan strategi kepemimpinan khulafaur Rasyidin..
2.
Mengambil ibrah dari
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan
datang.
G. Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab.
Model : Kooperatif
H. Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Media / Sumber
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
Ø Guru mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan
bacaan basmalah
Ø Siswa dikondisikan untuk memperoleh suasana pembelajaran
yang kondusif
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan menyebutkan SK-KD yang hendak dicapai
Ø Guru melakukan apersepsi (penilaian kemampuan awal)
|
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.Ekplorasi
Ø Guru membacakan dan menerjemahkan
potongan surat Al Baqarah ayat 30-32. Menggunakan Slide (LCD Proyektor)
Ø Guru menanyakan maksud
dari potongan ayat yang sudah diterjemahkan kepada siswa.
Ø Guru mengaitkan potongan ayat tersebut dengan materi yang
akan disampaikan.
b.
Elaborasi
Ø Guru memberi sedikit penjelasan
tentang strategi para Khulafaur Rasyidin.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
Ø Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, kemudian setiap
kelompok dikasih materi sesuai indikator yang akan di capai.
Setelah itu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
Ø Siswa memberi pertanyaan setiap
perwakilan kelompok yang presentasi. Perwakilan presentasi menjawab.
c. Konfirmasi
Ø Guru membahas hasil presentasi dari setiap kelompok dan menjawab pertanyaan yang tidak terjawab dalam
presentasi. Dan menyampaikan slide materi
menggunakan LCD proyektor.
Ø Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
yang belum jelas.
|
· Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah
Kebudayaan Islam untuk MA kelas XII. Erlangga. 2012
· LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam
XII Semester Gasal, C.V. Gema Nusa Klaten
· LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam
XII Semester Gasal, Putra Nugraha
· LCD Proyektor
|
55
Menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Ø Guru memberikan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan
kepada siswa secara acak dan memberi reward bagi siswa yang
mampu.
Ø Guru memberikan kesimpulan tentang materi tersebut.
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum materi yang sudah di diskusikan.
Ø Guru memberikan angket penilaian
terhadap pengajaran Sejarah kebudayaan Islam selama setengah semester.
Ø Guru menyampaikan kisi-kisi materi yang akan disampaikan
pertemuan yang akan datang.
Ø Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah.
Ø Guru mengucapkan salam penutup.
|
|
15
Menit
|
I. Sumber belajar
Ø Buku paket, Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam untuk MA
kelas XII. Erlangga. 2012
Ø LKS Hikmah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal,
C.V. Gema Nusa Klaten
Ø LKS Fitrah, Sejarah Kebudayaan Islam XII Semester Gasal,
Putra Nugraha
J.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
Menyebutkan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
· Sebutkan strategi Abu Bakar ketika menjadi khalifah !
· Sebutkan strategi Umar bin Khatab ketika menjadi
khalifah !
· Sebutkan strategi Usman bin Affan ketika menjadi
khalifah !
· Sebutkan strategi Ali bin Abi Thalib ketika menjadi
khalifah !
|
Menganalisis
penataan pemerintahan pada masa Khulafaur Rasyidin.
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
· Bagaimana
penataan pemerintahan pada masa Khulafaur Rasyidin ?
|
Menguraikan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk
kepentingan masa kini dan masa yang akan datang.
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
· Apa ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang?
|
Meneladani
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
|
|
|
· Sebutkan
teladan yang bisa kita ambil dari kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin !
|
No
|
Kunci jawaban
|
1
|
· Strategi abu bakar
1)
Memerangi kaum murtad.
2)
Umat islam berhasil memperoleh
kembali kesatuan dari seluruh jazirah Arab
3)
Memeberantas nabi palsu
4)
Mengumpulkan Mushaf Al Quran
5)
Memperluas wilayah dakwah
· Strategi Umar bin Khattab
1)
Periode futuhut Islamiyah
(mengembangkan wilayah dakwah Islam).
2)
Menata administrasi dan keuangan
pemerintahan.
3)
Mengeluarkan Undang-undang.
4)
Memebagi wilayah menjadi pemerintahan
pusat dan pemerintahan daerah.
5)
Memebentuk Dewan.
6)
Menetapkan kalender Hijriyah.
· Strategi Usman bin Affan
1)
Kodifikasi Mushaf Al Quran
2)
Renovasi Masjid Nabawi
3)
Membentuk angkatan laut
4)
Memeperluas dakwah Islam
· Strategi Ali bin Abi Thalib
1)
Mengganti pejabat yang kurang cakap
2)
Membenahi keuangan negara (baitul
mal)
3)
Memajukan bidang ilmu bahasa
4)
Memajukan bidang pembangunan
|
2
|
· penataan pemerintahan pada masa
Khulafaur Rasyidin
Pada masa pemerintaha Khalifah Abu
Bakar, sistem pemerintahan masih mengacu pada sistem yang pernah diterapkan
pada masa Nabi Muhammad SAW. Pada masa Nabi, sistem pemerintahan bersifat
sentralistik, dimana kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif berada
pada satu tangan. Akan tetapi pada masa pemerintahan Umar bin Khattan, semua
berdiri sendiri, bahkan terjadi desentralisasi. Setiap wilayah memiliki
kewenangan mengatur pemerintahan dengan mengikuti aturan yang telah
ditetapkan pemerintah pusat.
|
3
|
· ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk
kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
1)
menjunjung tinggi
ketakwaan
2)
menampilkan kesederhanaan
3)
mudah menerima aspirasi
masyarakat
4)
menghormati hukum
5)
zuhud
6)
menegakkan hukum tanpa
pandang bulu
7)
memiliki sikap dan
perilaku adil
8)
mengutamakan kepentingan
umum
|
4
|
·
Teladan
yang bisa kita ambil dari kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin
Abu bakar mempunyai karakter yanglembut dan tegas.
Sehingga dapt menginsafkan orang-orang yang terbujuk berbuat makar
(bangkang). Umar bin Khattab memiliki karakter cerdas, tegas dan mengutamakan
kepentingan rakyat. Usman bin Affan memiliki karakter sholeh, penyantun, dan
sabar. Ali bin Abi Thalib memiliki karakter seperti Umar bin Khattab tegas
dan mengutamakan kebenaran.
|
Kudus, 6 September 2014
Guru Pamong
Hj. Sulisti’ah S,Pd.I
|
Guru Praktikan
UlyaWiji Astutik
NIM. 111214
|
Mengetahui,
|
|
Dosen Pembimbing Lapangan
Drs. Thoifuri, M.Ag.
NIP. 19671207 200003 1 001
|
No comments:
Post a Comment