Thursday, 12 December 2013

Silabus SKI MA (Turki Usmani)

1.    SATUAN PENDIDIKAN           : Madrasah Aliyah
2.    MATA PELAJARAN                 : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
3.    KELAS / SEMESTER                : XII / II
4.    MATERI POKOK                       : Kerajaan Turki Usmani
5.    STANDARD KOMPETENSI    : Memahami Sejarah Kerajaan Turki Usmani
6.    KOMPETENSI DASAR             :
1)   Menjelaskan sejarah berdirinya kerajaan turki usmani
2)   Menjelaskan raja-raja di kerajaan turki usmani
3)   Menjelaskan kemajuankerajaan turki usmani
4)   Menjelaskan runtuhnya kerajaan turki usmani
7.    TUJUAN PEMBELAJARAN   :
1)   Menjelaskan sejarah singkat kerajaan Turki Usmani
2)   Menjelaskan  raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Turki Usmani
3)   Menjelaskan kemajuan Kerajaan Turki Usmani dalam berbagai aspek
4)   Menjelaskan runtuhnya Kerajaan Turki Usmani dari segi internal dan eksternal
8.    SUMBER / ALAT BELAJAR   :
1)   Buku Pelajaran siswa
2)   Refrensi Perpustakaan
3)   Internet

Indikator Hasil Belajar
Pengalaman Belajar
Metode / Strategi
Evaluasi / Penilaian
Siswa mampu menjelaskan sejarah singkat berdirinya kerajaan Turki Usmani
Mendengarkan penjelasan guru
Ceramah
Tes (tertulis)
Mengikuti  tanya jawab di kelas
Tanya jawab
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi kelas
Diskusi
Tes (lisan)

Siswa mampu menjelaskan raja-raja yang berkuasa di kerajaan Turki Usmani
Mengikuti  tanya jawab di kelas
Tanya jawab
Tes (tertulis)

Mendengarkan penjelasan guru
Ceramah
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi kelas
Diskusi
Tes (lisan)

Memperhatikan Skema gambar yang sudah di buat oleh guru
Demonstrasi
Non Tes
Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan Turki Usmani dalam aspek Kekuasaan Wilayah
Mengikuti diskusi kelas
Diskusi
Tes (tertulis)

Mengikuti  tanya jawab di kelas
Tanya Jawab
Tes (tertulis)

Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan Turki Usmani dalam aspek perekonomian
Mendengarkan penjelasan guru
Ceramah
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi bersama
Diskusi
Non Tes

Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan Turki Usmani dalam aspek ilmu pengetahuan
Mengikuti  tanya jawab di kelas
Tanya jawab
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi bersama
Diskusi
Non Tes

Siswa mampu menyebutkan sebab runtuhnya Kerajaan Turki Usmani  dari segi Internal
Mendengarkan penjelasan guru
Ceramah
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi kelas
Diskusi
Tes (lisan)

Siswa mampu menyebutkan sebab runtuhnya Kerajaan Turki Usmani  dari segi eksternal
Mendengarkan penjelasan guru
Ceramah
Tes (tertulis)

Mengikuti diskusi kelas
Diskusi
Tes (lisan)


1.    Instrument Evaluasi Penilaian Tes
A.  Tes
1)   Tertulis (berbentuk essay)
a.    Siapa pendiri kerajaan Turki Usmani?
b.    Kapan dan  oleh siapakah kerajaan Turki usmani di plokamirkan?
c.    Sebutkan raja-raja yang pernah berkuasa pada masa kekuasaan kerajaan Turki Usmani!
d.   Siapakah raja pertama Turki Usmani?
e.    Sebutkan wilayah yang ditaklukan pada masa kekuasaan Muhammad II!
f.     Sebutkan wilayah yang dicapai pada masa keemasan!
g.    Sebutkan produksi industri yang berada di mesir!
h.    Jelaskan bukti bahwa pada masa sultan al fatih ilmu pengetahuan mendapat cukup perhatian!
i.      Sebutkan faktor internal yang menyebabkan Kerajaan Turki Usmani runtuh!
j.      Sebutkan faktor eksternal yang menyebabkan Kerajaan Turki Usmani runtuh!
2)   Lisan
a.    Ceritakanlah secara singkat berdirinya kerajaan turki usmani!
b.    Ceritakanlah sistem pemerintahan dan perluasan wilayah pada masa ra usmani!
c.    Bagaimana sikap anda setelah mengetahui faktor –faktor internal yang menyebabkan Kerajaan Turki Usmani runtuh?
d.   Bagaimana sikap anda setelah mengetahui faktor-faktor eksternal yang meneyebabkan Kerajaan Turki Usmmani runtuh?
B.  Non Tes
a.    Carilah keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri!
b.    Carilah kemajuan ilmu pengetahuan selain mendirikan majelis pendidikan!
c.    Buatlah Skema gambar  menggunakan kertas karton dengan kertas warna tentang Urutan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Turki Usmani beserta daerah perluasannya semenarik mungkin!

2.    Instrument Nontest Berbentuk Observasi
Menemukan keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri
 No
Aspek Keterampilan
Skor
5
4
3
2
1
1
Kecermatan dalam menemukan keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri





2
Ketepatan dalam menganalisis  keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri





Menemukan kemajuan ilmu pengetahuan selain mendirikan majelis pendidikan
No
Aspek Ketrampilan
Skor
5
4
3
2
1
1
Kecermatan dalam menemukan.





2
Ketepatan dalam menyebutkan dengan materi.





Membuat Skema gambar  menggunakan kertas karton dengan kertas warna tentang Urutan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Turki Usmani beserta daerah perluasannya semenarik mungkin
No
Aspek Ketrampilan
Skor
5
4
3
2
1
1
Kecermatan dalam menganalisa.





2
Ketepatan dalam menyusun skema.






Kreatifitas dalam menggambar skema






3.    Penilaian Non Tes Berbentuk Karakter
No.
Nama Siswa
Karakter / Sikap
Disiplin
Tanggung Jawab
Keaktifan
Absensi
Keseriusan
Hasil Karya/ tugas
Presentasi
Bertanya
Menanggapi
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.









No comments:

Post a Comment