1.
SATUAN PENDIDIKAN : Madrasah Aliyah
2.
MATA PELAJARAN :
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
3.
KELAS / SEMESTER : XII / II
4.
MATERI POKOK :
Kerajaan Turki Usmani
5.
STANDARD KOMPETENSI : Memahami Sejarah Kerajaan Turki Usmani
6.
KOMPETENSI DASAR :
1)
Menjelaskan
sejarah berdirinya kerajaan turki usmani
2)
Menjelaskan
raja-raja di kerajaan turki usmani
3)
Menjelaskan
kemajuankerajaan turki usmani
4)
Menjelaskan
runtuhnya kerajaan turki usmani
7.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1)
Menjelaskan
sejarah singkat kerajaan Turki Usmani
2)
Menjelaskan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan
Turki Usmani
3) Menjelaskan kemajuan Kerajaan Turki Usmani
dalam berbagai aspek
4)
Menjelaskan runtuhnya
Kerajaan Turki Usmani dari segi internal dan eksternal
8.
SUMBER / ALAT BELAJAR :
1)
Buku Pelajaran
siswa
2)
Refrensi Perpustakaan
3)
Internet
Indikator Hasil Belajar
|
Pengalaman Belajar
|
Metode / Strategi
|
Evaluasi / Penilaian
|
Siswa mampu menjelaskan sejarah singkat
berdirinya kerajaan Turki Usmani
|
Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti tanya jawab di kelas
|
Tanya jawab
|
Tes
(tertulis)
|
|
Mengikuti
diskusi kelas
|
Diskusi
|
Tes (lisan)
|
|
Siswa mampu menjelaskan raja-raja yang
berkuasa di kerajaan Turki Usmani
|
Mengikuti tanya jawab di kelas
|
Tanya jawab
|
Tes
(tertulis)
|
Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
Tes
(tertulis)
|
|
Mengikuti
diskusi kelas
|
Diskusi
|
Tes (lisan)
|
|
Memperhatikan
Skema gambar yang sudah di buat oleh guru
|
Demonstrasi
|
Non Tes
|
|
Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan
Turki Usmani dalam aspek Kekuasaan Wilayah
|
Mengikuti
diskusi kelas
|
Diskusi
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti tanya jawab di kelas
|
Tanya Jawab
|
Tes
(tertulis)
|
|
Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan
Turki Usmani dalam aspek perekonomian
|
Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti
diskusi bersama
|
Diskusi
|
Non Tes
|
|
Siswa mampu menjelaskan kemajuan Kerajaan
Turki Usmani dalam aspek ilmu pengetahuan
|
Mengikuti tanya jawab di kelas
|
Tanya jawab
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti
diskusi bersama
|
Diskusi
|
Non Tes
|
|
Siswa mampu menyebutkan sebab runtuhnya
Kerajaan Turki Usmani dari segi
Internal
|
Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti
diskusi kelas
|
Diskusi
|
Tes (lisan)
|
|
Siswa mampu menyebutkan sebab runtuhnya
Kerajaan Turki Usmani dari segi eksternal
|
Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
Tes
(tertulis)
|
Mengikuti
diskusi kelas
|
Diskusi
|
Tes (lisan)
|
1. Instrument Evaluasi Penilaian Tes
A. Tes
1) Tertulis (berbentuk essay)
a. Siapa pendiri kerajaan Turki Usmani?
b. Kapan dan
oleh siapakah kerajaan Turki usmani di plokamirkan?
c. Sebutkan raja-raja yang pernah berkuasa pada
masa kekuasaan kerajaan Turki Usmani!
d. Siapakah raja pertama Turki Usmani?
e. Sebutkan wilayah yang ditaklukan pada masa
kekuasaan Muhammad II!
f. Sebutkan wilayah yang dicapai pada masa keemasan!
g. Sebutkan produksi industri yang berada di
mesir!
h. Jelaskan bukti bahwa pada masa sultan al fatih
ilmu pengetahuan mendapat cukup perhatian!
i. Sebutkan faktor internal yang menyebabkan
Kerajaan Turki Usmani runtuh!
j. Sebutkan faktor eksternal yang menyebabkan
Kerajaan Turki Usmani runtuh!
2) Lisan
a. Ceritakanlah secara singkat berdirinya
kerajaan turki usmani!
b. Ceritakanlah sistem pemerintahan dan perluasan
wilayah pada masa ra usmani!
c. Bagaimana sikap anda setelah mengetahui faktor
–faktor internal yang menyebabkan Kerajaan Turki Usmani runtuh?
d. Bagaimana sikap anda setelah mengetahui faktor-faktor
eksternal yang meneyebabkan Kerajaan Turki Usmmani runtuh?
B. Non Tes
a. Carilah keunggulan mesir selain sebagai pusat
produksi industri!
b. Carilah kemajuan ilmu pengetahuan selain
mendirikan majelis pendidikan!
c. Buatlah Skema gambar menggunakan kertas karton dengan kertas warna
tentang Urutan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Turki Usmani beserta
daerah perluasannya semenarik mungkin!
2.
Instrument Nontest Berbentuk Observasi
Menemukan keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri
No
|
Aspek
Keterampilan
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kecermatan dalam menemukan keunggulan mesir selain sebagai pusat produksi industri
|
|||||
2
|
Ketepatan dalam menganalisis keunggulan mesir selain sebagai pusat
produksi industri
|
Menemukan kemajuan ilmu pengetahuan selain
mendirikan majelis pendidikan
No
|
Aspek
Ketrampilan
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kecermatan dalam menemukan.
|
|||||
2
|
Ketepatan dalam menyebutkan dengan materi.
|
Membuat Skema gambar menggunakan kertas karton dengan kertas warna
tentang Urutan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Turki Usmani beserta
daerah perluasannya semenarik mungkin
No
|
Aspek
Ketrampilan
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kecermatan dalam menganalisa.
|
|||||
2
|
Ketepatan dalam menyusun skema.
|
|||||
Kreatifitas dalam menggambar skema
|
3. Penilaian Non Tes Berbentuk Karakter
No.
|
Nama
Siswa
|
Karakter
/ Sikap
|
|||||
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
Keaktifan
|
|||||
Absensi
|
Keseriusan
|
Hasil
Karya/ tugas
|
Presentasi
|
Bertanya
|
Menanggapi
|
||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
10.
|
No comments:
Post a Comment